MAKASSAR – Jelang ramadhan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar memberikan respon penuh mengantisipasi terjadinya gejolak harga sejumlah bahan pokok di pasaran.Hal ini terlihat saat Rapat koordinasi TPID Kota Makassar yang berlangsung di Gedung Balaikota Makassar, Selasa (29/03/2022).

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Danny Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Menu Rebusan
TPID Makassar, Jelang Ramadhan Bahas Pengendalian Harga Pokok

Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Rusmayani Madjid saat membuka Rapat koordinasi TPID Kota Makassar menekankan perlunya pemantauan harga bahan pokok disetiap pasaran, hal ini sejalan dengan intruksi dari Wali Kota Makassar.

“Fokus kita adalah memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan puasa dengan cara menjaga kestabilan harga-harga kebutuhan pokok di pasaran. Hal ini juga menjadi instruksi Pak Wali (Wali Kota Makassar, Danny Pomanto) agar seluruh stakholkder memperkuat sinergi agar tidak terjadi kelangkaan dan juga gejolak harga bahan pokok, sehingga warga kita bisa tenang menjalankan Ibadah di bulan puasa,” ujarnya.

Selain itu, Koordinator TPID Kota Makassar, Rusmayani menjelaskan bahwa TPID memiliki tanggung jawab untuk memantau dan menyiapkan langkah-langkah strategis mengatasi terjadinya inflasi di Kota Makassar.

“Kemarin Pemkot Makassar telah menggelar Festival Rebus Makassar sebagai bagian kampanye untuk mengurangi komsumsi minyak goreng dengan cara mengkomsumsi makanan yang di olah dengan cara direbus. Selain membudayakan hidup sehat, kampanye ini juga menjadi gerakan melawan kelangkaan minyak goreng yang saat ini terjadi hampir di seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Deputi Direktur Bank Indonesia, Hasiando G Manik mengatakan bahwa kondisi global telah ikut mempengaruhi kondisi dalam negeri, termasuk bahan pokok yang produknya bersumber dari luar negeri.