Makassar – Penghujung Ramadhan, masyarakat diingatkan untuk tetap berhati-hati adanya kemungkinan lonjakan Covid19, jika lalai dalam penerapan protokol kesehatan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dalam sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), yang digelar oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar, Kemenkes RI, yang digelar di Novotel, Selasa (26/04/2022).

Menurutnya, kewaspadaan patut ditingkatkan dikarenakan tingginya kemungkinan arus mudik di tahun ini.

“Target kemungkinan arus mudik di -10H terakhir di pelabuhan sekitar 3.400 orang perharinya,” ujarnya.

Baca Juga: Aliyah Mustika Ilham Fasilitasi UMKM, BPJS Ketenagakerjaan

Untuk itu, diharapkan kepada sekuruh masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Demikian pula disampaikan oleh Aliyah Mustika Ilham, selaku Anggota Komisi IX DPR RI, yang mengharapkan agar kondisi Covid yang kini melandai dapat terus dipertahankan, demi kesehatan bersama.

“Tentunya kita berbahagia, sebentar lagi akan menyambut hari nan fitri, dan dapat berkumpul dengan keluarga jauh. Namun, pastikan tetap memperhatikan kesehatan,” tuturnya.

Berdasarkan riset yang dipaparkan oleh Dinas Kesehatan Prov Sulsel, pencegahan Covid dengan rajin mencuci tangan dapat mencegah penyebaran Covid hingga 70 persen, demikian pula dengan pemakaian masker, sedangkan menjaga jarak dapat mencegah Covid hingga 40 persen.

Baca Juga: Aliyah Mustika Ilham Fasilitasi BLK di Ponpes Tahfids Ashabul Jannah

Adapun alasan yang diberikan oleh masyarakat yang belum menggunakan masker, berdasarkan hasil riset yang sama, yakni karena lupa menggunakan. Untuk itu, untuk kesehatan bersama jangan lupa untuk tetap saling mengingatkan.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh majelis taklim se kota Makassar, dan dihadiri pula oleh Plt Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar, Hj Masridah Baharuddin, SKM, Mpd, dan Kepala dinas kesehatan kota makassar dr Nursaidah Sirajuddin, M.Kes.