MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Irwani Pane Institute menggelar Workshop Total Qualitty Service Expert (TQSE) Batch II bagi Dosen Tetap Non Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS) untuk Formasi 2022 yang berlangsung di Aula LPMPP Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar pada pukul 08.30 WITA, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga : Pengembangan Tridarma, Unhas dan Politeknik Pelayaran Barombong Taken MoU

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT., dalam sambutannya mengatakan, tujuan digelarnya workshop tersebut adalah untuk memberikan pelatihan bagi para dosen baru  di lingkup Unhas untuk meningkatkan kemampuannya dalam mempersiapkan diri melaksanakan pembelajaran perkuliahan kepada mahasiswa.

“Peran dosen sangat penting dalam pembentukan karakter mahasiswa, sehingga diharapkan adanya penerapan ilmu dan perilaku yang positif dalam menciptakan suasana dan komunikasi yang baik Ketika berinteraksi dengan mahasiswa,” katanya.

Prof. Nasaruddin meyakini bahwa dosen sebagai pendidik harus terus mengembangkan kemampuannya dengan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan kemampuan untuk mengendalikan diri dalam segala situasi dan kondisi, serta mampu menempatkan diri dan beradaptasi dengan mahasiswa.

“Banyak hal yang akan menentukan efektivitas pembelajaran, untuk itu banyak hal pula yang perlu menjadi perhatian kita sebagai pendidik. Seseorang tidak akan menjadi profesional jika tidak memiliki etika. Orang yang professional berpadu antara kecerdasan dan hatinya,” katanya.

Unhas Kolaborasi Irwani Pane Institute Gelar TQSE Batch II, Ini Tujuannya
                                                    Peserta Workshop Total Qualitty Service Expert (TQSE) Batch II

Prof. Nasaruddin juga meninggalkan pesan kepada para dosen tidak melupakan tujuan awal dan niatnya menjadi seorang pendidik yang telah dibentuk dari motivasi dan harapan yang besar.

Oleh karena itu, diharapkan setiap dosen menjaga komitmen untuk menjaga integritasnya, sesuai dengan nilai-nilai dan etika profesi yang berlaku.

Pelatihan ini terbagi dalam beberapa sesi, yang masing-masing sesinya menghadirkan para narasumber yang berkompoten di bidangnya masing-masing dan diperkiran akan berlangsung hingga Jumat (13/05/2022).