MAKASSAR – Pelaku penipuan arisan bodong di Makassar,  Puput Ramadanti warga Jl Batua Raya Makassar nyaris diamuk nasabahnya. Puluhan member arisan yang merupakan korban arisan bodong beramai-ramai menggereduk rumah pelaku karena hendak meminta uangnya kembali.

Baca Juga: Pedagang Kanrerong Keluhkan Listrik Yang Dicabut

Peristiwa tersebut terjadi di Perumnas Antang, Blok 1, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Ameliah, Salah satu korban arisan bodong tersebut mengatakan pelaku penipuan kerap berjanji kepada member arisan akan mengembalikan uang ganti rugi kepada para mereka.

“Itu owner investasi bodong sudah lima bulan hanya janji-janji palsu. Dia janji akan kembali dananya para member,” kata salah satu korban, Amelia (25) di lokasi, Senin (23/5) malam.

Ia juga mengungkapkan, setidaknya ada ratusan member yang ikut dalam investasi bodong tersebut. Diduga para member mengalami kerugian total mencapai Rp4 miliar. Amelia mengungkapkan modus AP menarik para member yakni dengan memberikan iming-iming bunga 10 persen.

“Saya gabung sejak Desember 2021 dan mendaftar lewat media online. Dia menjanjikan kalau investasikan uangnya dalam lima hari bisa mendapatkan profit Rp300 ribu. Kalau kita taruh Rp1 juta, keuntungan bisa menjadi Rp1,3 juta,” urainya.

Pihak kepolisian yang mendapat laporan dari warga setempat akhirnya datang dan mengevakuasi pelaku ke Mapolsek Manggala. Setelah diamankan dari amukan nasabahnya pelaku diserahkan ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel guna penyelidikan lebih lanjut.

“Ada tadi sekitar 50 orang mendatangi rumah pengelola investasi dan arisan online. Kasus ini sudah ditangani di polda,” kata Kapolsek Manggala, Kompol Edhy Supriadi Idrus kepada para wartawan.

Penulis: Muhammad Arfah