MAKASSAR – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), akan jalankan kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Kegiatan kelompok usaha mandiri, kegiatan yang memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat yang setengah penganggur (musiman), yang rencananya akan diadakan di Bulan Agustus, Jumat (24/06/2022).

Baca Juga : Disnaker Kota Makassar Dorong Peningkatan SDM Lewat Pelatihan Skill dan Peluang Kerja

Anggota Bidang Penempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Irwan mengatakan, khususnya di bidang Penempatan Kerja akan adakan pelatihan sebagai pemberdayaan masyarakat.

“Khususnya yang berada di seksi saya itu, ada kegiatan kelompok usaha mandiri, nanti di bulan 8 (Agustus) itu rencananya kita sudah jalankan juga. Kita sudah koordinasi sama pihak kelurahan dimana rokus kegiatan yang akan dilaksanakan di sana, kegiatan tersebut itu sifatnya itu pemberdayaan masyarakat, memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat yang setengah penganggur, yang kerja musiman, semacam itu,” katanya.

Baca Juga : Disnaker Sulsel Sosialisasikan Peluang Kerja ke Luar Negeri

Ia juga mengatakan, yang setengah penganggur (kerja musiman) akan diberikan semacam pelatihan, (pelatihan tersebut ) dia sifatnya informal, bukan formal.

“Rencananya itu, yang setengah penganggur diberikan semacam pelatihan, (pelatihan tersebut ) dia sifatnya informal, bukan formal,” jelasnya.

Lanjutnya, ia juga mengatakan, pelatihan ini semacam diberikan supaya pekerja musiman bisa berusaha sendiri,  bermandiri, paling tidak ada terbentuk nantinya itu UMKM-UMKM kecil.

“Kalau formal itu kan kerja di kantoran, ini dia semacam diberikan pelatihan supaya dia bisa berusaha sendiri,  bermandiri, paling tidak ada terbentuk nantinya itu UMKM-UMKM kecil, semacam itu, diberikan pelatihan sama kita di sini, begitu ji modelnya,” lanjutnya.

Baca Juga : Disnakertrans Kolaka Apresiasi PT Vale yang Utamakan Warga Lokal