MAKASSAR – Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) menyerang pasukan Rusia yang ditempatkan di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di wilayah Enorgodar, wilayah Zaporizhzhia, wilayah Ukraina, pada Selasa (12/7/2022).

Baca Juga : Pengantar Jenazah Bentrok dengan Warga, 5 Orang Terkena Busur

Dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, serangan dahsyat oleh tentara Ukraina secara langsung dikonfirmasi oleh pemerintah lokal Zaporizhzhia.

Empat serangan telah terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir Energodar, kata pejabat setempat. Semua serangan tentara Ukraina berasal dari tepi Sungai Dnieper.

“Pemerintah sipil-militer wilayah Zaporizhzhia menegaskan bahwa pasukan Ukraina melanjutkan serangan besar-besaran di kota Energodar hari ini,” katanya.

Salah satu ledakan terjadi di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Energodar, yang berisiko mengalami kebocoran radiasi yang serius. Radiasi nuklir tidak hanya mengancam Ukraina tetapi juga Eropa secara keseluruhan.

Pemerintah Zaporizhzhia percaya bahwa militer sengaja membahayakan nyawa warga sipilnya sendiri dan menyebabkan bencana senjata nuklir buatan manusia.

Baca juga : Mayjen Tri Budi Utomo Dimutasi, Ini Tanggapan Pakar Militer ISSS