RAKYAT.NEWS, Makassar – Setelah mendapat predikat sebagai asrama haji terbaik secara nasional, kini UPT Asrama Haji Sudiang Makassar kembali membukukan hasil inovasi dan kreatifitasnya dengan membangun fasilitas manasik haji terbaik dan terbesar se-Indonesia Timur.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT Asrama Haji Makasar Zulkifli Hijaz saat peresmian Sarana Manasik Haji di Sudiang, Selasa, 28 Februari 2023.

“Fasilitas Manasik Haji yang baru ini berupa lokasi Tawaf dan Sa’i yang kapasitasnya lebih luas dan bisa menampung seribuan orang, dan tampilannya sangat identik dengan situasi aslinya di Tanah Suci Mekkah,” kata Zulkifli dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa siang.

Yang lain lanjut Zulkifli, adalah fasilitas pendukung seperti, food court, supermarket, tenan oleh-oleh dan penjualan aksesoris haji dan umrah dan juga taman manasik haji yang instagramable.

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menyampaikan, keberadaan sarana dan fasilitas baru untuk manasik haji di asrama haji merupakan salah satu bentuk kepedulian dan upaya Kementerian Agama memberikan pelayanan yang maksimal kepada calon calon tamu Allah dan masyarakat.

“Fasilitas baru ini juga sebagai wahana edukasi haji dan umrah bagi generasi muda kita khususnya anak didik,” imbuh Khaeroni.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi menyebut Asrama Haji Sudiang Makassar dinilai sangat kreatif dan selalu berinovasi. “Semoga hal ini bisa berimplikasi dengan tingkat pelayanan kita kepada calon jemaah haji dan umrah,” tuturnya.

Legislator asal Sulsel ini menyebut bahwa fasilitas haji yang bagus saja tidak cukup, tapi harus dibarengi dengan SDM pemanasik yang mumpuni dan handal dalam memberikan edukasi kepada publik.

“Termasuk petugas haji atau pemateri manasik haji itu harus berasal dari person yang memiliki wawasan keagamaan yang moderat,” ungkap Ashabul Kahfi.