RAKYAT.NEWS, Jakarta — Wakil Wali (Wawali) Kota Makassar, Fatmawati Rusdi bicara dalam forum diskusi anggota City Leader Community di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Maret 2023. Dia memaparkan prinsip upaya peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Contoh dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik adalah adanya prinsip Good Governance, upaya anti korupsi, serta penerapan e-government dan smart city,” kata Fatmawati Rusdi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa, 7 Maret 2023.

Mengenai Smart City, Fatmawati menjelaskan bahwa hal itu adalah gabungan teknologi dan data, khususnya pada pelayanan publik, mengedepankan transparansi.

“Masyarakat juga jadi tahu kerja-kerja kita sehingga bisa memberikan masukan sekaligus mengawasi kami,” ucapnya.

Fatmawati menjelaskan, Kota Makassar telah mengadopsi E-Government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk meningkatkan penyampaian layanan publik dan mengurangi praktik korupsi di dalam pemerintahan.

Contohnya, lanjutnya, sistem pengaduan masyarakat online lewat SP4N Lapor, Sipabaji (belanja barang jasa pemerintah secara online) dan sistem informasi keuangan online.

“Informasi keuangan kami bisa dipantau warga untuk memantau pengeluaran keuangan pemerintah secara transparan dan akhirnya warga bisa melaporkan tindakan korupsi atau penyelewengan anggaran,” jelasnya.