RAKYAT.NEWS, Makassar – 20 kontestan calon Duta Budaya Makassar 2023 lolos ke babak grand final dalam pemilihan yang berlangsung di Aston Makassar Hotel and Convention, Jumat malam, 17 Maret 2023.

Sebelumnya, ke-20 kontestan ini mengikuti sejumlah tahapan. Mulai dari seleksi berkas sampai dengan karantina.

Ajang pemilihan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini adalah yang pertama kalinya dihelat di Kota Makassar.

Mengangkat tema “Membangun Generasi Milenial Berwawasan, Berkarakter dan Berbudaya”. Duta budaya ini nantinya diharapkan mampu menjadi representasi dalam hal pelestarian dan kemajuan budaya di Kota Makassar.

“Tujuan ajang pemilihan ini adalah bagaimana kita dan generasi kita ke depan bisa melestarikan budaya yang ada di Kota Makassar,” ujar Rusmayani Majid, Asisten II Setda Kota Makassar dalam sambutannya saat membuka grand final ajang ini.

Kepada Duta Budaya yang terpilih nanti, Rusmayani mengharapkan agar aktif mempromosikan budaya Kota Makassar sekaligus jadi panutan anak-anak muda.

“Sekarang anak-anak muda kita itu sudah tidak mengenali lagi budaya, apalagi dengan masuknya teknologi dan informasi sangat menggerus budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kota Makassar,” kata Rusmayani Madjid.

Reporter : Muh. Aswar