RAKYAT.NEWS, Makassar – Kompleks perumahan BTN Makkio Baji di Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala terus dilanda banjir. Ironisnya, banjir itu terjadi meski tidak sedang musim hujan. Tidak mendapat respon berarti dari pihak terkait, warga perumahan ini pun mengadu ke DPRD Makassar dan aduannya ditindaklanjuti dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa, 21 Maret 2023.

“Hampir 3 tahun berturut-turut, kami selalu dirundung banjir. Bahkan bukan di musim hujan juga banjir,” kata Pahlevi, (47 thn), warga BTN Makkio Baji dalam RDP yang berlangsung di ruang rapat Komisi C DPRD Makassar itu.

Kata Pahlevi, banjir itu diakibatkan tata kelola drainase di dalam kompleks yang tidak maksimal. Bukan hanya ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, masalah banjir tak kenal waktu ini juga sudah dilaporlan ke Ombudsman tapi hasilnya sama. Yakni, tak ada respon berarti.

“Dan sampai hari ini kami belum melihat percepatan penyelesaian masalah dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Termasuk dari pihal kecamatan dan kelurahan olehnya kami datang ke sini mengadu,” tutur Pahlevi dalam RDP yang dipimpin Sangkala Saddiko, Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar.

Ditambahkan, atas nama warga BTN Makkio Baji, nyatakan meminta komitment dari pihak Pemkot Makassar. Kira-kira berapa lama proses penyelesaian masalah banjir yang sering terjadi di kompleks BTN Makkio Baji.

Turut hadir dalam rapat ini selain anggota komisi C antara lain dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar dan Dinas Perumahan Kota Makassar.

Sementara Sangkala Saddiko, ketua komisi C DPRD Kota Makassar mengatakan, karena dalam RDP ini menghadirkan pihak-pihak terkait seperti Dinas PU dan Dinas Perumahan, diharapkan segera hadir solusi. Dan Rapat Dengar Pendapat ini pun berakhir dengan kesimpulan, segera ditindaklanjuti dengan peninjauan lokasi.