RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Menantu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Muhammad Rapsel Ali dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Makassar pada hari ini, Senin (10/4/2023).

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Tak kurang dari 200 prajurit TNI berjaga di sekitar lokasi pemakaman. Sementara beberapa prajurit lainnya bertugas untuk melakukan pemakaman.

Tak lama kemudian, ambulans yang membawa jenazah Rapsel Ali tiba di lokasi pada pukul 09.40 Wita. Prajurit TNI yang bertugas melakukan pemakaman pun langsung berbaris.

Tepat pada pukul 09.45 Wita, peti jenazah Rapsel Ali diturunkan dari ambulans. Prajurit TNI lalu melepaskan satu kali tembakan dan peti jenazah pun dibawa menuju titik pemakaman.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tiba 15 menit kemudian dan langsung memimpin prosesi pemakaman pada pukul 10.04 Wita.

Jenazah selesai dikebumikan tepat pada pukul 10.13 Wita. Bendera merah putih yang digunakan untuk menyelimuti peti jenazah pun dilipat, menandai berakhirnya upacara pemakaman.

“Upacara pemakaman secara militer ini sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasanya beliau kepada negara dan bangsa yang telah dilaksanakan sepanjang hidupnya,” katanya.

Dia mengaku terkejut dan turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum. Selain itu, dia mengajak kepada keluarga yang ditinggalkan agar menyikapi musibah dengan ketabahan.

“Cobaan ini tentu sangat mengejutkan dan menyedihkan kita semua, terkhusus tentu kepada keluarga, istri, orang tua dan keluarga besar. Tetapi sebagai orang yang beriman, kita yakin bahwa kehendak Allah SWT Tuhan yang maha esa pasti yang terbaik. Sebagai umat beragama, yang percaya kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, kita harus menerimanya dengan tulus, ikhlas dan penuh ketabahan,” lanjutnya, dilansir detik.com