RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sekertaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) kota Makassar, Andi Tenri Lengka mengapresiasi Festival Seni Pertunjukan 2023, Sabtu, 13 Mei 2023, di Gedung kesenian Societet de Harmonie, Makassar.

“Festival Seni pertunjukan ini menjadi ruang bagi seniman seni pertunjukan unjuk kebolehan dan bisa dikembangkan sebagai industri seni pertunjukan,” ungkap Andi Tenri.

Festival Seni Pertunjukan 2023 yang digelar Disparekraf menampilkan band, tari teater, sastra, hingga multimedia. Pertunjukan utama adalah kolaborasi teater kolasal “Toddopuli di Negeri Siam” naskah dan sutradara Dosen Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Dr. Asia Ramli dan diproduksi oleh Teater Kita Makassar.

“Naskah Teater Tari Musik “To’dopuli di Negeri Siam” merupakan hasil riset yang dikerjakan selama satu tahun,” ujar Dr. Asia yang juga Pendiri Teater Kita Makassar.

Pertunjukan Kolaborasi Teater Tari Music Dan Multimedia ini menampilkan seratus pemain yang terdiri dari aktor dan penari yang merupakan mahasiswa dari Program Studi Sendratasik dan Progtram Studi Seni Tari Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Teater Kampus FSD UNM, DE Art Studio FSD UNM, serta beberapa seniman dari Teater Kita Makassar, Forum Sastra Kepulauan, Studio Kita Makassar dan Tangan Perkusi, Fly Art, Tu’Sibija, Tangan Music Ethnica Makassar, Fsday.