RAKYAT.NEWS, SEMARANG – Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB), kepada unit kerja instansi pemerintah sekurang-kurangnya eselon III yang menyelenggarakan fungsi pelayanan artinya unit terkait sudah berkomitmen dan menjamin layanannya memuaskan dan bersih dari korupsi.

Baca Juga : Rudenim Makassar Tertibkan Pengungsi yang Berkendara Tanpa SIM

Pembangunan Zona Integritas (ZI) dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian, pembangunan ZI menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan.

Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar yang bertekad untuk melaksanakan pembangunan ZI dengan penuh semangat melaksanakan Studi Tiru ke Rudenim Semarang yang telah mendapatkan predikat WBK pada tahun 2020 guna mendapatkan Ilmu dan arahan langsung untuk mendapatkan predikat WBK.

Studi tiru yang dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Mei 2023 ini diikuti oleh perwakilan Tim ZI Rudenim Makassar yang berjumlah 16 pegawai beserta Pimpinan Tinggi (Pimti) Kanwil Kemenkumham Sulsel yang diwakili oleh Kepala Divisi Keimigrasian dan Kepala Divisi Administrasi.

Setibanya di Rudenim Semarang, Rudenim Makassar disambut dengan Yel-yel yang menggemakan semangat Zona Integritas. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Rudenim Semarang menyambut rombongan. Rombongan Rudenim Makassar pun diajak mengunjungi semua sarana dan prasarana di Rudenim Semarang. Mereka diperlihatkan inovasi-inovasi yang telah membuat Rudenim Semarang meraih predikat WBK pada tahun 2020.

Kepala Rudenim Semarang, Retno Mumpuni berharap agar Rudenim Makassar dapat memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya di Rudenim Semarang guna meraih predikat WBK.

“Saya harap Rudenim Makassar dapat menyerap ilmu sebanyak-banyak di Rudenim Semarang agar dapat meraih Predikat WBK. Dan kunjungan ini juga memberikan semangat kepada kami agar dapat terus berkembang dalam memberikan pelayanan di Kantor yang kami sebut Rumah ini,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin berterima kasih kepada Rudenim Semarang atas sambutan yang diberikan.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Jajaran Rudenim Semarang telah memberikan sambutan yang hangat kepada kami. Saya dan seluruh jajaran pastinya telah memperoleh wawasan dan inspirasi baru untuk mencapai Zona Integritas dan wilayah bebas korupsi di Rumah Detensi Imigrasi Makassar,” ucapnya.