RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sempat tertunda akibat pandemi Covid 19, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) kembali digelar, kali ini di Kota Makassar. Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono yang di dampingi KSAL, Laksamana Muhammad Ali membuka acara tersebut yang berlangsung di Dermaga Hatta Jalan Nusantara Baru, Kecamatan Wajo, pada Senin(5/6/2023).

Baca Juga : Gubernur Sulsel Dampingi Panglima TNI Buka Latihan Internasional MNEK 2023

Dalam sambutannya, Laksamana Yudo memaparkan bahwa MNEK yang merupakan latihan non perang dengan mengutamakan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan untuk mempererat kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan negara sahabat.

“MNEK yang merupakan latihan non perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regiona, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan negara sahabat,” katanya. 

Ajang MNEK ini diikuti sebanyak 36 Angkatan Laut dari berbagai negara antara lain Amerika Serikat, Australia, Brazil, dan seluruh negara ASEAN. 

Turut hadir pada pembukaan tersebut Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, serta Forkopinda Pemprov Sulsel dan Kota Makassar.

Baca Juga : Dansatgas TMMD Ke 116 Kodim Jeneponto Sambut Tim Wasev Mabes TNI AD