RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar menghadiri Pelaksanaan Upacara Pengibaran Merah Putih dalam Rangka Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Makassar Tahun 2023, yang bertempat di Anjungan City of Makassar, Kamis, 17 Agustus 2023.

Dibuka langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto selaku Inspektur Upacara dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi; Sekretaris Daerah Kota Makassar, M. Ansar, DPRD dan seluruh jajaran Forkopimda. Turut serta dihadiri oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar, Firman H. Pagarra.

Wali Kota Makassar dalam berbagai program yang telah dicanangkannya menyampaikan. “Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Lorong Wisata, para pelaku UMKM lorong semakin kompetitif melahirkan inovasi produk UMKM yang baru, melestarikan Kota Makassar, mendorong Dewan Lorong, serta RT/RW yang lebih aktif ke masyarakat untuk mengambil peluang usaha dan berkarya sehingga diyakini membuat pertumbuhan ekonomi melonjak,” ujarnya.

Konsep yang diusung dalam upacara kali ini mengambil tema “Bunga Rampai Kemerdekaan dari Makassar untuk Indonesia”, dimana Pengibaran sejumlah 78 bendera merah putih yang terlihat dari udara membentuk akar, sementara terlihat lima kuncup bunga berada di permukaan laut. Akar yang melambangkan periodik proklamasi sedangkan bunganya adalah Pancasila.

Upacara ini diharapkan turut mendorong rasa Nasionalisme sebagai generasi penerus bangsa, memiliki rasa cinta tanah air, mempererat rasa persatuan, mempertahankan dan membangun Indonesia yang lebih maju.