RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Upaya Pemerintah Kota Makassar mendapat apresiasi dari anggota DPRD Kota Makassar, Fasruddin Rusli karena telah berusaha mengatasi kekeringan salah satunya dengan membangun 15 sumur bor.

Menurut Rusli, upaya Pemkot Makassar tersebut efektif untuk mengatasi kekeringan yang melanda Kota Makassar saat ini akibat dampak El Nino.

“Kita tahu bersama hampir semua kawasan yang kekeringan itu perlu kita buatkan sumur bor. Biar ada pengadaan airnya,” kata Rusli, Selasa (19/9).

Anggota Komisi C DPRD Makassar ini juga mengatakan, musim kekeringan selalu dialami warga setiap tahunnya.

Sehingga, menurut Fasruddin, pembuatan sumur bor dinilai sebagai salah satu solusi untuk membuat persediaan air bersih.

“Kalau kekeringan memang sudah begini keadaanya, kalau mau dibikinkan pola lain setengah mati, memang harus dibangunkan sumur-sumur bor,” jelasnya.

“Tentu efektif, otomatis efek jangka panjangnya. Otomatis juga untuk menambah jumlah air,” tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya sumur bor maka wilayah-wilayah yang terdampak kekeringan bisa diatasi. Terutama, kata Fasruddin, di wilayah Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya.

“Sumur bor untuk menanggulangi kekeringan karena rata-rata yang daerah atas itu Tamalanrea, Biringkanaya sampai Sudiang itu otomatis kekeringan itu sudah pasti. Apalagi PDAM sekarang sudah kekurangan debit air untuk penyaluran rumah penduduk,” ujarnya.