RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Jamaluddin Jompa mengungkapkan bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipimpinnya itu menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang digunakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“IKU yang dipakai sebagai subjek oleh Menteri Kemendikbudristek, menteri kita yang paling tau mana Universitas yang memenuhi IKU ini. Unhas di situ berkibar benderanya, untuk IKU 4 hingga ke 8, kita itu nomor 1 seluruh Indonesia, kita kalahkan yang hebat-hebat itu,” kata Jamaluddin Jompa dalam acara Jumpa Pers dan Bincang Akhir Tahun, di gedung Rektorat Unhas, Jumat (29/12/2023).

Ia juga mengungkapkan bahwa Unhas menjadi PTN terbaik di Indonesia berdasarkan penghargaan yang diterimanya sepanjang tahun 2023 ini.

Ia menambahkan, bahwa capaian berdasarkan IKU tersebut mampu mengungguli sejumlah perguruan tinggi ternama di seluruh Indonesia.

“IKU 8 kemarin kita secara total kita nomor 4 (terbaik) seluruh Indonesia, padahal ada jajaran sejumlah Perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), ITB, ITS dan IPB, itu semua memiliki fasilitas yang lebih besar dari Unhas, namun kita bisa bersaing di situ,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Unhas juga menjadi terbaik pertama dalam SNI Awards, sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang mendapatkan gold medal.

“Secara nasional kita sudah nyaman, IKU sudah tercapai 4 besar, SGI’S Nasional kita tercapai 2 besar, SNI Awards untuk pertama kali satunya PTNBH yang mendapatkan gold medal ialah Unhas,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Universitas Hasanuddin, Sumbagan Baja menyampaikan bahwa alumni Unhas saat ini telah mencapai ratusan ribu lebih, yang tentunya memiliki kualitas dan kapasitas yang mempuni.