RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) telah mencabut subsidi Teman Bus Makassar di Koridor 3 dan 4, juga memulangkan 34 Armada bus Trans Mamminasata ke Cibitung, Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Sabtu, (6/1/2024).

Kepala UPT Trans Mamminasata, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Nur Diyana, menyampaikan 34 unit Teman Bus Makassar belum diketahui pasti kapan dipulangkan.

“Yang jelasnya 34 Teman Bus Makassar akan dipulangkan ke pangkalnya di Cibitung,” jelasnya.

Diyana, mengatakan bahwa dirinya tidak terlalu berkomentar apakah 34 unit Bus ditarik Kemenhub atau pihak lainnya.

“Kalau dari saya sendiri dalam perihal Armada Bus itu wewenang Kemenhub dan Operator (PT Sinar Jaya Maha Langgeng), saya sendiri tidak tau pasti apakah akan ditarik oleh pihaknya”, Kata Diyana.

Lanjut Diyana, mengenai 74 Pramudi saat ini sangat memprihatikan jika harus kehilangan pekerjaan setelah 34 Armada dipulangkan.

“Apa boleh buat, jika 74 Pramudi ini dialihkan ke Koridor lainnya lantaran setiap koridor sudah punya Pramudi masing-masing,” ujarnya.

Kemudian, mengenai Koridor 1 dan 2 masih berjalan seperti biasanya, hanya saja khusus koridor 2 menjadi integrasi ke arah jalur stasiun kereta Mandai Maros, olehnya di tahun 2024 bertambah 4 unit di koridor 2. Jumlahnya bertambah dari tahun sebelumnya hanya ada 2 unit.

Ia juga, menjelaskan kembali soal Koridor 3 dan 4 yang berhenti beroperasi sejak 1 Januari 2024 dikarenakan subsidi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“iya, untuk mengurangi subsidi Teman Bus, Kemenhub langsung memberhentikan koridor 3 dan 4,” kata Diyana.