RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Setelah menjalani masa penutupan untuk renovasi yang diperlukan, Museum Kota Makassar kini telah kembali beroperasi mulai Rabu (8/5/2024).

Renovasi tersebut merupakan bagian dari upaya pengelola untuk memperbaharui serta meningkatkan pengalaman pengunjung dalam menjelajahi sejarah dan budaya Kota Makassar.

Nurharlah Dahlan selaku Kepala Museum, menjelaskan bahwa pameran koleksi tetap mempertahankan narasi yang menggambarkan kejayaan sejarah peradaban Kota Makassar.

“Meskipun terdapat perubahan dalam tata letak pameran, tujuannya tetap untuk menciptakan suasana yang memikat bagi para pengunjung,” kata dia saat ditemui, Rabu (8/5/2024).

Proses revitalisasi tidak hanya berfokus pada penataan ulang koleksi, namun juga membawa inovasi dengan penambahan fasilitas baru. Salah satunya adalah ruang “Cinema”, sebuah bioskop kecil yang dapat menampung hingga 15 orang pengunjung dalam satu sesi. Di ruang ini, akan ditampilkan film dokumenter yang mengangkat kisah-kisah berharga tentang peradaban Kota Makassar, memberikan dimensi baru dalam memahami warisan budaya yang kaya.

“Dengan kembalinya museum ini, kami berharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memahami dan menghargai kekayaan budaya Kota Makassar,” tambahnya.

Pembukaan kembali museum, memancing antusiasme yang tinggi di kalangan masyarakat Kota Makassar. Hal ini terlihat dari jumlah surat permintaan informasi kunjungan yang diterima oleh museum dari berbagai instansi, seperti sekolah dan perguruan tinggi.

 

Penulis: Dwiki