RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad, menghadiri Inauguration of School Operation Kerjasama Indonesia – Austria, Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim, Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar, di Aula Syekh Yusuf BBPVP Makassar, Selasa, 7 Mei 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Austria, Philipp Roessl, Plt Ditjen Bina Lavatos Kementerian Ketenagakerjaan RI yang juga Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI, Prof Anwar Sanusi, Kepala BBPVP Makassar La Ode Haji Polondu, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Kegiatan Inauguration of School Operation ini juga dirangkaikan dengan Peresmian Gedung BLK Maritim BBPVP Makassar, Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan II, dan Pembukaan Program PBK Bidang Maritim Internasional.

Andi Arsjad mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan BLK Bidang Maritim yang digelar di Sulawesi Selatan. Dimana pelatihan ini digelar di tiga provinsi di Indonesia, salah satunya di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan karena kehadiran BLK Maritim ini sangat relevan dengan kondisi Sulawesi Selatan sebagai daerah yang kaya akan maritim dengan jumlah pulau sebanyak 370 pulau.

“Keberadaan BLK Maritim ini tentu akan sangat bermanfaat dalam menghadirkan, menghasilkan tenaga kerja yang memiliki sumber daya manusia yang kompeten, yang produktif dan memiliki daya saing. Sulawesi Selatan memiliki 24 Kabupaten/Kota dengan 9,4 juga penduduk yang lumayan besar angkatan kerja kita ada sekitar 4,6 juta,” jelasnya.

Oleh karena itu dengan hadirnya BLK ini, lanjutnya, akan menjadi salah satu solusi dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Sulawesi Selatan dengan jumlah angka pengangguran sebanyak 4,33 persen.