RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Nasional (Bapanas), Dr. Andriko Noto Susanto melakukan pemeriksaan ke Pasar Maricaya yang terletak di jalan. Veteran Selatan, Makassar. Dalam kunjungan tersebut, ia menjelaskan ingin memastikan bahan pangan segar di pasar aman.

“Kita punya pasar tradisional banyak dan 70 persen masyarakat kita masih belanja di pasar tradisional. Jadi kita ingin pastikan bahan pangan segar dipasaran itu aman. Ada dua langkah strategis yang kami jalankan. Pertama kita kerjasama dengan Perumda Pasar salah satunya adalah membuat Pos Pantau. Jadi pos pantau inilah melakukan pemeriksaan pangan segar di unit pasar dan kami lengkapi peralatan laboratorium mini (uji cepat). Tugasnya adalah melakukan pemeriksaan dan pengawasan setiap hari, setiap Minggu dan juga setiap bulan. Petugasnya adalah dari salah satu pegawai yang kita latih untuk mengambil sampel kemudian menganalisis dan melaporkan hasilnya positif atau negatif.” Ujarnya.

Selanjutnya, langkah kedua adalah penyediaan mobil laboratorium keliling yang bertugas secara mobile ke pasar-pasar untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

“Langkah kedua adalah kita fasilitasi dengan laboratorium keliling. Jadi kalau pos pantau itu statis di pasar, untuk mobil laboratorium ini tugasnya keliling disetiap pasar. Karena pos pantau yang ada hanya satu di setiap daerah.” Jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga memuji keberadaan mobil laboratorium milik DKP Kota Makassar. Yang menurutnya cukup bagus dan fasilitasnya memadai.

“Kami juga berterimakasih pada Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar yang juga sudah memfasilitasi dengan dana APBD mereka menyediakan mobil laboratorium keliling. Mobilnya bagus. Apalagi masih banyak pasar yang belum kita lengkapi dengan pos pantau. Itu nanti yang akan dilayani.” Pungkasnya.