RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar bersiap melakukan pengamanan pada sejumlah titik utama pelaksanaan salat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (17/6/2024).

Ada 10 titik utama yang akan menjadi titik pelaksanaan salat Idul Adha, yakni Lapangan Karebosi, Anjungan Pantai Losari, Masjid Al-Markas, Masjid Raya, Lapangan Tamalate, Masjid HM Asyik, Hotel Claro, Telkom Pettarani, Trans Studio, dan Masjid 99 Kubah.

Dishub Kota Makassar telah menyiapkan personel dan rekayasa lalu lintas untuk Hari Raya Idul Adha.

“Sebanyak 155 personel Dishub Makassar akan dikerahkan di 40 titik jalan utama di kota Makassar. Fokus utama pengamanan dan pengaturan lalu lintas akan berada di 10 lokasi utama pergelaran shalat Idul Adha yang biasa dipadati masyarakat,” kata Kepala Dishub Makassar, Zainal Ibrahim, Sabtu (15/6/2024).

“Keberadaan personel Dishub di lokasi-lokasi tersebut diharapkan dapat memastikan kelancaran lalu lintas dan keamanan selama ibadah berlangsung,” ujar Zainal.

Zainal menegaskan, pihaknya akan bertugas sejak pukul 05.00 WITA hingga selesainya salat Idul Adha dan akan memastikan arus kendaraan kembali lancar.

“Kehadiran personel di lapangan diharapkan dapat meminimalisir potensi kemacetan dan kecelakaan selama pelaksanaan shalat id, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan baik,” ucapnya.

Dishub Makassar juga telah bekerjasama dengan Polrestabes Makassar dalam merancang rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan saat shalat id Idul Adha nanti.

“Sejumlah jalan utama di wilayah Kecamatan Ujung Pandang, Wajo, dan Mamajang yang menuju Anjungan Pantai Losari akan mengalami pengalihan arus kendaraan. Jalan Maipa dan Jalan Yosep Latumahina, akan ditutup sementara karena Jalan Penghibur depan Anjungan Pantai Losari akan dibebaskan dari kendaraan,” ucap Kepala Terminal, Perparkiran, Audit dan Inpeksi Dishub Makassar, Irwan.