RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dalam acara Kick off dan Forum Group Discussion (FGD) Program UKPACT Future Cities di Kota Makassar, Kepala Seksi Audit dan Inspeksi Keselamatan Lalu lintas Angkutan Jalan, Evalina Evlin dan Kepala Seksi Pemeliharaan Perlengkapan Jalan, Bubung Syahrir.R turut serta. Acara ini diselenggarakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kota Makassar pada Kamis (2/5/2024).

Program ini bertujuan untuk “Menciptakan Peralihan Menuju Transportasi Rendah Karbon Melalui Peningkatan Keselamatan untuk Kelompok Rentan”. Menurut Kepala Seksi Audit dan Inspeksi Keselamatan Lalu lintas Angkutan Jalan, Evalina Evlin, transportasi low carbon yang memprioritaskan kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, orangtua, dan anak-anak yang belum tersedia di Kota Makassar.

Evalina Evlin ST juga menyatakan bahwa Dinas Perhubungan siap untuk mendukung dan memberikan bantuan dalam pembuatan lokasi khusus transportasi low karbon untuk kelompok rentan.

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris telah sepakat untuk bekerja sama dalam program pengembangan transportasi rendah karbon di Indonesia yang disebut “Future Cities: UK-Indonesia Low Carbon Partnership”. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim melalui pengembangan transportasi publik perkotaan yang ramah lingkungan.

Salah satu contohnya adalah Bus listrik sekolah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk closed circuit television (CCTV) untuk memantau pengemudi dan penumpang (siswa). CCTV ini dapat dipantau langsung di Common Center.

Selain itu, bus listrik sekolah juga dilengkapi dengan jaringan nirkabel (Wifi) dan fitur teknologi yang dapat memantau jumlah dan perilaku penumpang serta pengemudi untuk meningkatkan keselamatan, seperti memberikan peringatan saat pengemudi mengantuk, merokok, atau menggunakan handphone saat mengemudi.