RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar terus mengoptimalkan program penunjang Smart Milenial untuk mendorong salah satu visi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dalam pemberdayaan pemuda.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Engka mengatakan Pemerintah Kota Makassar terus menunjukkan komitmen dalam rangka memanfaatkan fase bonus demografi dan mewujudkan visi besar, Indonesia emas 2045.

Dalam mewujudkan visi tersebut, Ia mengatakan salah satu fokus Dispora adalah penberian pelatihan life skill bagi pemuda, serta pengembangan pemberdayaan wirausaha muda.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan pemuda agar mampu menciptakan peluang bisnis baru dan lapangan pekerjaan,” jelasnya pada Selasa, (13/8/2024).

Lebih lanjut, di tahun ini, Dispora pun melaksanakan Survei Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang merupakan kegiatan Perhitungan kualias pembangunan kepemudaan pertama di Indonesia yang turun langsung kepada 18.800 Pemuda.

Selain itu, Ia mengatakan Dispora Makassar juga sedang mengembangkan sistem big data kepemudaan yang terintegrasi dengan Satu Data Indonesia untuk mendukung berbagai program pengembangan pemuda di Kota Makassar.

Dalam mendukung program ini, kata Andi Engka, Dispora Makassar juga melaksanakan seleksi duta pemuda dan pemuda pelopor yang bertujuan untuk menghimpun pemuda kreatif yang mampu membentuk jaringan kepemudaan.

Ia menyebutkan di tahun 2024, sebanyak 69 pemuda terpilih dalam seleksi tersebut, yang menunjukkan betapa besar potensi dan kontribusi generasi muda di Kota Makassar.

“Diharapkan hadirnya duta pemuda menjadi mitra strategis dalam agenda pengembangan kepemudaan. Adapun pemuda pelopor, bertujuan untuk menemukan pemuda-pemuda yang telah memiliki aksi kepeloporan yang berdampak positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Tambahnya, Dispora Makassar juga aktif dalam menyelenggarakan berbagai event kepemudaan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran sosial serta memberikan dampak positif kepada masyarakat.