RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar hadirkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Makassar, Hambalie mengungkapkan kalau terdapat tujuh TPS khusus untuk Pilwalkot Makassar 27 November 2024 nantinya.

“Tujuh TPS khusus,” kata Hambalie kepada Rakyat News, Sabtu (21/9/2024).

Kata Hambalie, ada empat lokasi TPS khusus. Ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar dan Rumah Tahanan Kelas I Makassar.

Kemudian di Perhimpunan Mandiri Kusta (PERMATA) dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

“Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar terdapat 2 TPS. Rutan Kelas I Makassar terdapat 3 TPS. Perhimpunan Mandiri Kusta (PERMATA) terdapat 1 TPS dan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar terdapat 1 TPS,” tandas Hambalie.

Sementara itu, Ketua KPU Makassar, Andi Muh Yasir Arafat, mengatakan bahwa pada TPS khusus pada pilkada ini lebih banyak dari jumlah pemilu beberapa waktu lalu yang hanya berjumlah 6 (enam).

“Lokasi (TPS) khusus pada pemilu kemarin itu hanya 6, tapi pilkada ini 7,” terang Yasir

Yasir juga menjelaskan, bahwa lokasi TPS khusus ini merupakan permintaan dari setiap lembaga dengan minimal jumlah peserta harus berjumlah di atas 100 orang.

“Loksus itu adalah permintaan dari lembaga (Rutan, PERMATA, dan kampus). Tapi spesimennya atau jumlahnya itu harus lebih dari 100 pemilih dengan melengkapi semua persyaratan,” bebernya.