RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Camat Tallo, Ramli Lallo, S.Pd, M.Si memantau harga pangan di pasar Pannampu, Ahad, (22/09/2024).

Dalam peninjauan ini, Ramli Lallo mendampingi Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Hasil peninjauan tersebut, Pj Gubernur Prof Zudan menyimpulkan bahwa harga kebutuhan pokok di pasar Pannampu relatif terkendali. Ketersediaan bahan pokok juga dipastikan aman.

Pada kesempatan ini, Prof Zudan mengapresiasi Pemkot Makassar atas upayanya menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Di tempat terpisah, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengakui bahwa Pemkot intens melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di pasar tradisional. Monitoring harga dilakukan secara real time setiap harinya.

“Pertama kita monitoring harga pagi dan sore secara real time. Kedua kita juga punya tiga mekanisme intervensi harga di pasar,” tutur Danny Pomanto.

Upaya-upaya intervensi pemerintah kota dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar guna menekan laju inflasi dilakukan melalui tiga tahapan.

Yakni pertama setiap Selasa dan Kamis dilakuan penjualan bahan pangan pokok secara langsung dari distributor/BULOG melalui program Mini Distribution Center (MDC) Tokomoditi dengan menggunakan mobil pengendali inflasi.

“Kedua kita juga melakukan intervensi melalui kontainer di kelurahan khusus komoditi yang naik dari hasil monitoring itu,” bebernya.

Intervensi yang ketiga yakni melakukan operasi pasar atau pasar murah di kawasan pemukiman pada saat fluktuasi harga dan gangguan stok distribusi.

“Jadi kita lakukan intervensi tiga lapis untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok,” ucap Danny Pomanto.

Dalam peninjauannya, Ramli Lallo turut didampingi Kepala Seksi Trantibum dan Seklur Pannampu.