RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Pada hari Minggu (23/06/2024), Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, mengadakan sesi Sosialisasi mengenai Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Hotel Lynt.

Acara Sosialisasi mengenai Peraturan Daerah Angkatan XII Tahun 2024 tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Makassar dari Komisi D, Abd Wahab Tahir, yang mengundang Indira sebagai narasumber dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kota Makassar.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok Laskar Anak Lorongna Makassar. Indira menjelaskan pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter generasi penerus Kota Makassar dalam arahannya.

Selain berfokus pada dunia pendidikan formal, Indira juga menekankan bahwa pendidikan anak seharusnya dimulai dari lingkungan sekitar dan terutama dari dalam rumah.

Indira juga mengingatkan kembali tentang program unggulan Pemerintah Kota Makassar, yaitu Jagai Anakta, yang dirancang untuk membantu orang tua dalam memahami perkembangan anak-anak mereka dan memberikan bantuan dalam penanganan masalah-masalah yang mungkin timbul.

Indira menyoroti peran sentral seorang ibu dalam proses pendidikan anak, tanpa mengurangi pentingnya peran seorang ayah. Ibu adalah guru pertama yang memperkenalkan anak pada dunia sejak lahir.

Selain itu, Indira juga menegaskan bahwa kedua orang tua memiliki peran yang sama penting dalam mendidik anak sejak lahir. Kerjasama antara keduanya adalah kunci untuk membentuk ketahanan keluarga yang kuat dan berkualitas.

Dalam mengakhiri sesi sosialisasi, Indira mendorong peserta untuk mulai memperhatikan peran lingkungan dan hubungan keluarga mereka, karena kepribadian dan karakter anak dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan interaksi dengan orang terdekat.

“Yang paling penting adalah ketahanan keluarga. Niat kita adalah terus memperbaiki. Masalah internal dulu, dari yang sederhana saja. Sehingga kedepannya kita bisa membentuk keluarga yang sakinah,” harap Indira.(*)