MAKASSAR- Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili Timor Leste, Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc. Menyampaikan rencananya membuka forum pelatihan bagi pemuda dan remaja di Dili, Timor Leste. Sebagai bentuk kerja sama mutual, yang bermanfaat bagi masyarakat kedua negara.

Baca juga: Ketua JOIN Jeneponto dan Direktur Pusdiklat Bawa Materi Pelatihan Jurnalistik di KPU

Forum pelatihan ini dijadwalkan terlaksana pada Juli 2022 mendatang, dengan menampilkan salah satu pemateri dari Indonesia, yakni Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. C.PS. yang juga dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Indonesia Timur (UIT), Makassar.

Wakil Rektor IV Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Prof. Haris melalui jejaring WhatsApp mengatakan Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional, Zulkarnain Hamson, adalah kolega dekat Prof. Haris, semasa kuliah di Fisip Universitas Hasanuddin, sebelum diangkat menjadi atase di Timor Leste.

“Program pelatihan bagi komunitas penulis kreatif bagi pemuda di Dili, Timor Leste, saya bantu fasilitas ruangan di Pusat Budaya Indonesia di Konsulan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili, dan saya tawarkan Workshop dengan pemateri Zulkarnain Hamson,” ujarnya, Kamis (12/5/ 2022).

Senada, Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional, Zulkarnain Hamson saat dikornfirmasi media Rakyat.News menyampaikan Prof. Haris, memang cukup intens membahas tentang pengembangan Kerja sama perguruan tinggi antar negara dengannya.

“Sewaktu saya masih menjabat Wakil Rektor IV di UIT tahun 2021, kami sudah banyak membahas tentang pengembangan Kerjasama,” ujarnya.

Lanjutnya, ia mengungkapkan, hingga 2022, tercatat 1872 alumni Pusdiklat JOIN di seluruh Indonesia, diantaranya, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua Barat, Nusa Tenggara dan Sumatera, terbanyak di Sulsel.