Semakin sering sepeda motor digunakan maka semakin aktif V-belt bergerak. Jika pemilik kendaraan merupakan seseorang yang aktif berkendara sepeda motor, suka melakukan perjalanan jauh atau touring tentunya akan membuat performa dari V-belt semakin menurun. Maka pengendara aktif wajib melakukan perawatan sepeda motor secara berkala terutama penggantian V-belt tepat waktu agar performa motor tetap optimal.

Pengendara juga dapat menjaga umur komponen sepeda motor matik agar tidak cepat aus, diantaranya dengan :

• Menghindari gaya berkendara dengan hentakan atau bukaan gas secara tiba-tiba

• Membawa beban atau muatan berlebih

• Melakukan perawatan komponen CVT matik yang tepat

Pada umumnya, waktu penggantian part V-belt yang tepat dilakukan pada saat sepeda motor mencapai jarak tempuh 20.000 km – 25.000 km (20 – 25 bulan) atau sesuai dengan anjuran buku petunjuk pemilik. Namun pengendara juga dapat menjaga performa sepeda motor dengan pengecekan V-belt secara rutin sesuai jadwal servis berkala di bengkel resmi terpercaya. Hal ini juga berguna untuk membersihkan kotoran yang ada pada V-belt sepeda motor.

Pada bengkel resmi Yamaha, saat servis berkala sudah memiliki standarisasi. Itu untuk pengecekan dan pembersihan komponen CVT matik khususnya V-belt.

Jika pengendara terlambat dalam penggantian V-belt sepeda motor akan berdampak pada menurunnya performa sepeda motor dan kenyaman berkendara. V-belt yang perlu diganti akan menimbulkan gejala seperti tarikan motor kurang maksimal, terasa getaran dan bunyi berdecit saat akselerasi yang mengindikasikan V-belt kehilangan daya cengkram. Ataupun jika kondisi visual V-belt yang tampak mulai retak.

Jika V-belt sudah waktunya diganti, konsumen dapat menggunakan V-belt asli Yamaha seperti pada Yamaha Lexi harga V-belt Rp135,000. Roller Rp50,000,- dan Grease atau pelumas Rp9,500. Atau dapat mengambil paket penggantian V-Belt Kit ASLI Yamaha dengan harga yang lebih terjangkau R176.000 sudah termasuk dengan roller dan grease yang sesuai.