KESEHATAN – Secara umum ketika manusia sedang tertidur maka seluruh organ tubuh akan beristirahat dan kembali normal ketika bangun tidur, hal ini diakibatkan karena aktivitas keseharian sehingga organ tubuh membutuhkan istirahat dan akan kembali normal setelah bangun tidur, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut Ahli diet sekaligus pendiri BZ Nutrition di New York City, Brigitte Zeitlin, mengungkap bahwa minum air putih setelah bangun tidur adalah hal penting yang wajib dilakukan. Menurut dia, kebiasaan sederhana itu bisa membuat tubuh jauh lebih sehat.

Berikut 5 manfaat minum air putih setelah bangun tidur dikutip dari Alodokter.com:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.

3. Mengendalikan keinginan makan

Setelah bangun tidur, Anda mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung Anda berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar ini dapat mendorong Anda untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Nah, konsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu Anda mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

4. Meningkatkan produktivitas

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif. Namun ingat, Anda juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: IBI Gelar Seminar Kesehatan Peringati HUT ke-71