RAKYAT.NEWS, Makassar – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV merilis peringatan dini perkiraan cuaca Sulawesi Selatan dari 17 hingga 23 Februari 2023. Hampir semua daerah di Sulsel berpotensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga angin kencang.

Menurut BMKG, bibit siklon tropis 91 P dengan kecepatan angin maksimal 25 knot berada di Teluk Carpentaria Australia bagian utara. Sistem ini menyebabkan peningkatan kecepatan angin di wilayah Sulsel.

Kemudian, Suhu Muka Laut di wilayah Selat Makassar dengan anomali plus 1 derajat celcius hingga plus 3 derajat celcius meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air) dan potensi hujan di wilayah Sulsel. Khususnya bagian barat dan selatan.

“Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terjadi di wilayah Sulsel,” demikian bunyi poin empat dalam rilis BMKG IV Makassar ditandatangani Senior Forecaster Re’kun Matandung, yang diterima Jumat, 17 Februari 2023.

Menurut data, hujan sedang – lebat yang disertai angin kencang dan petir akan terbagi menjadi dua waktu. Tanggal 17 hingga 19 Februari diperkirakan akan terjadi di Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Selayar dan Luwu Utara.

Dan pada 20 hingga 23 Februari, cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi di Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Bulukumba, Bantaeng, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara. Adapun daerah pesisir yang berpotensi dilanda angin kencang yakni bagian barat dan selatan Sulawesi Selatan.

Penulis : M Aswar