RAKYAT.NEWS, Makassar – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulsel akan diundang dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk membahas sebab utama dan tawaran solusi banjir.

“Setahu saya kegiatannya akan dilangsungkan pada tanggal 14 Maret 2023,” ujar Direktur Eksekutif Walhi Sulsel Muhammad Al Amin saat dikonfirmasi Rakyat.News, Selasa, 28 Februari 2023.

Amin mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, itu merupakan kesempatan yang strategis bagi Walhi untuk berdiskusi dengan Pemkot Makassar tentang penyelesaian banjir. Ia berharap hal ini dapat dikerjakan secara kolaboratif.

“Komandonya itu ada di Pemkot Makassar sehingga semua pihak bisa terlibat dan berkontribusi dan Walhi pun sebagai bagian dari publik akan berkontribusi dan akan hadir dan menyampaikan rekomendasi-rekomendasi publik ke Pemerintah Kota,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, Amin mencontohkan, penataan kota yang baik salah satunya dengan pelestarian tanaman mangrove yang bagus. Menurutnya itu bisa meminimalisir potensi banjir. ”Bagaimana dengan daerah pesisir yang lain seperti di daerah losari ?,” ucapnya.

Walhi harapkan ada kemajuan yang dilakukan pemerintah nanti. “Kita berharap sebelum dia (Danny Pomanto) meninggalkan jabatannya sebagai Wali Kota ada legacy yang ditinggalkan salah satunya adalah kota yang nyaman dan aman dari bencana banjir,” ujarnya.