RAKYAT.NEWS, Makassar – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai merumuskan program unggulan untuk Smart City dalam kegiatan workshop program Capacity Building bersama Temasek Foundation Singapore Cooperation Enterprise (SCE)

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa, 7 Maret 2023 menyebutkan, penyelenggaraan kegiatan ini sudah memasuki hari kedua, Selasa 7 Maret 2023. Diikuti ASN Pemkot Makassar.

Kepala Bagian Kerja Sama Pemkot Makassar, Andi Zulfitra Dianta menyebutkan, ada empat program yang dirumuskan. Berupa program Pemkot Makassar yang dinilai dapat dikembangkan sejalan dengan arahan tim ahli Temasek SCE Singapura.

Ke empat program itu, kata Andi Zulfitra Dianta adalah, aplikasi layanan pajak digital Pakinta’, media pendorong pertumbuhan UMKM di Lorong Wisata, pengolahan sampah rumah tangga yang nantinya akan terkoneksi dengan pengelolaan sampah berbasis energi.

“Dan yang keempat adalah penggunaan IT di bidang pendidikan maupun kesehatan. Ke empat proyek tersebut kini sedang berjalan di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Tan Kim Leng, tim ahli Temasek SCE dalam kesempatan yang sama menjelaskan, upaya pembangunan Smart City harus membidik sejumlah hal seperti layanan digital untuk warga, dukungan teknologi digital dan keamanan infrastruktur. Sampai saat ini, pihaknya dan ASN Pemkot Makassar masih menganalisa program yang diusung.

“Kita terus berdiskusi untuk membedah dan memantapkan program-program Makassar Smart City,” ujar Kim.