RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Penjualan obat, kosmetik dan pangan semakin marak seiring dengan perkembangan teknologi IT yang memfasilitasi transaksi konsumen serta produsen di dunia maya. Untuk itu, Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Makassar menggelar sosialisasi, yang diikuti oleh ratusan masyarakat Makassar, di Hotel Aerotel Smile, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga : Tingkatkan Pendapatan Keluarga, Kemenkominfo Minta Selalu Jaga Keamanan Dalam Bertransaksi Digital

Kondisi ini menuntut masyarakat sebagai konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk yang aman bagi dirinya. Aliyah Mustika Ilham mengimbau warga agar lebih cermat dan selektif dalam memilih dan membeli berbagai produk.

“Jangan hanya karena tergiur harga lebih murah, hasil instan, sehingga mengabaikan komposisi produk yang akan dibeli,” ungkapnya.

Perwakilan BBPOM di Makassar, Drs. Ahmad Yani, Apt turut hadir dalam sosialiasi ini, dan berharap masyarakat dapat menyimak dengan seksama materi yang akan diberikan, dengan harapan selepas dari sosialisasi masyarakat bukan hanya mendapatkan ilmu untuk diri sendiri, tetapi juga untuk disampaikan kepada kerabat disekitar lingkungan mereka nantinya.

Materi KIE dipaparkan pula oleh PFM Madya, Dra Syamsuduha, Apt, dan memberikan pemahaman langkah awal yang harus diterapkan saat akan memilih produk.

“Perhatikan cek KLIK, cek Kemasan, cek label, cek Izin Edar, dan cek Kedaluarsa. Dengan memperhatikan hal tersebut dapat menjadi salah satu langkah awal belanja aman,” ungkapnya.

Baca Juga : Optimalkan Ekonomi Masyarakat, Kemenkominfo Ajak Masyarakat Buat Toko Online