RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Makassar, yang berlokasi di Jalan Sunu No.162, Kecamatan Tallo ini, lulusannya ternyata banyak di cari perusahaan besar.

Baca Juga : Siswa SMK Cianjur Tembak Mantan Pacar Hingga Tewas, Ini Motifnya

Kepala SMK 5 Makassar, Amar Bachti, mengatakan 11 jurusan yang terdapat di sekolah tersebut lulusannya siap bekerja di berbagai perusahan maupun berwiraswasta, dengan gemblengan serta didikan selama belajar yang padat dengan praktikum. 

“Hasil gemblengan dan didikan selama belajar disini yang padat dengan praktikum sehingga alumni disini siap bekerja maupun berusaha,” ungkapnya, Selasa (16/5/2023).

Tambah Amar, setelah siswa menempuh pendidikan di kelas melanjutkan PKL diberbagai perusahaan didalam maupun diluar Kota Makassar. 

Selain sudah terbiasa mengoperasikan atau berpraktek di waktu sekolah sehingga pada saat PKL ilmu tersebut diaplikasikan. 

“Terkadang pada saat PKL siswa-siswinya tidak jarang langsung di rekrut menjadi karyawan atau karyawati di perusahaan yang tempati PKL,” tutupnya. 

Untuk di ketahui SMK 5 dan PT BUMA yang bergerak di bidang industri telah kerjasama sejak 2018 dan masa kerjasama selama 3 tahun, seluruh kegiatan terkait dengan kelas industri siswa-siswi SMK 5 di biayai oleh PT BUMA.

Sekolah ini memiliki 11 program kejuruan ini antara lain:

1. Program keahlian Konstruksi Bangunan

2. Program keahlian Gambar Bangunan

3. Program keahlian Elektronika Industri

4. Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

5. Program keahlian Mekatronika

6. Program keahlian Listrik Industri

7. Program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara

8. Program keahlian Teknik Pemesinan

9. Program keahlian Leknik Las

10. Program keahlian Mekanik Otomotif

11. Program keahlian Mekanik Alat Berat. 

Baca Juga : Lestarikan Pantai, Kodim 1425 Jeneponto Gelar Penanaman Pohon Mangrove Nasional Secara Serentak