RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Untuk menanggulangi pengendalian bahaya narkoba di kalangan mahasiswa, tim Yayasan Mitra Husada (YMH) mengadakan Audience dengan LLDIKTI Wilayah IX, di ruang Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultan Batara (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat), yang dilaksanakan pada (23/6/2023). 

Bcaa juga : Perkembangan Virus di Indonesia: Tantangan Menyusun Strategi Pengendalian

Tim YMH yang diwakili oleh Prof Arlin Adam, SKM., M. Si, Zainuddin, SKM., MM, Dr. dr. Andi Multazam., M. Kes, dan Dr. Andi Alim, SKM., M. Kes diterima langsung oleh kepala LLDIKTI, Andi Lukman. 

Kepala LLDIKTI mengapresiasi inisiatif pencegahan dan penanggulangan narkoba pada civitas akademik kampus menyusul ditemukannya fakta oknum mahasiswa yang berperan bukan hanya sebagai penyalahguna, akan tetapi berperan sebagai pengedar narkoba. 

“Kita harap semakin banyak lembaga yang bergerak di bidang pencegahan narkoba maka semakin kuat langkah-langkah pencegahan kita, sehingga pengedaran yang massif sampai di kampus dapat dihilangkan,” ungkapnya.

Prof Arlin Adam perwakilan YMH mengharapkan dukungan LLDIKTI sebagai lembaga koordinasi kampus-kampus untuk mendorong setiap kampus dapat melembagakan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, agar selalu ada intervensi pencegahan yang bersifat sistemik dan berkelanjutan. Dengan demikian, seorang mahasiswa sejak menjadi mahasiswa baru hingga lulus selalu terpapar dengan informasi yang bersifat edukatif. 

“Penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan extra-ordinary karena itu intervensi pencegahannya tidak cukup secara sporadis tetapi harus dilakukan secara terus menerus dengan dukungan komitmen yang kuat dari setiap pimpinan kampus,” ujarnya. 

Pertemuan Audience ini menghasilkan tindak lanjut dalam bentuk sosialisasi narkoba diseluruh perguruan tinggi melalui saluran podcast LLDIKTI yang selanjutnya diharapkan adanya perjanjian kerjasama dengan kampus-kampus yang disaksikan oleh LLDIKTI Wilayah IX.