RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Tim dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bekerja sama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kudus (FK-UMKU) melaksanakan pengabdian kolaborasi nasional di Kampus Prodi Keperawatan FKIK Unismuh Makassar, Sabtu, 8 Juli 2023.

Tema yang diambil dalam kegiatan ini yaitu pemberdayaan teman sebaya di masyarakat untuk mencegah terjadinya stres, ansietas, depresi”, yang dilaksanakan secara daring dan luring.

Pelaksana pegabdian kepada masyarakat juga mengajak pihak stakeholders RSKD Dadi Provinsi Sulawesi Selatan dan Pikom IMM Keperawatan FKIK Unismuh Makassar.

Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat kolaborasi nasional yaitu A.Nur Anna. AS, dr. A. Tenri Padad, dan Muhamad Jauhar.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan tim pengabdian kepada masyarakat, dipandang sangat perlu dilakukannya pemberdayaan teman sebaya di masyarakat untuk mencegah terjadinya stres, ansietas dan depresi.

Karena dampak dari kejadian stress, ansietas dan depresi jika tidak diatasi maka akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas hidup yang akan mempengaruhi penurunan kemampuan akademik, terjadinya percobaan bunuh diri, bahkan memicu terjadinya kematian jika tidak mampu mengatasi tekanan yang dialami selain itu terjadi penurunan kemampuan akademik, motivasi dan meningkatkan risiko putus sekolah, sedangkan dampak jangka panjang adalah sulit mendapatkan pekerjaan, mengalami gangguan tidur, dan menjadi pengguna narkoba/ obat-obat terlarang.

Kegiatan yang dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian kolaborasi nasional adalah melakukan edukasi tentang dampak terjadinya stress, ansietas dan depresi, serta cara pencegahannya.

Edukasi tentang penanganan baik dari penggunaan obat-obatan atau terapi komplementer, edukasi penguatan kader remaja dan intervensi keperawatan untuk mekanisme koping pada remaja.

Menurut ketua pengabdian kepada masyarakat, Nur Anna bahwa remaja sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini dibuktikan dengan sekitar 87 peserta adalah kalangan anak remaja, selain itu tim pelaksana melaksanakan skrining kepada peserta kegiatan.