RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sejumlah Kelurahan di Kota Makassar mengalami kekeringan yang menyebabkan sebagian kecil warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Untuk memenuhi keperluan warga terhadap air bersih, Camat Tallo dan Lurah Buloa melakukan pendistribusian air bersih 4,4 kubik atau 4.400 liter kepada masyarakat di Jalan Sultan Abdullah Raya, RT. 01, RW. 06, Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Rabu malam, 6 September 2023.

Camat Tallo, Alamsyah Sahabuddin menjelaskan, sebelum ke Buloa, sudah dilakukan pendistribusian air bersih di Kelurahan Kaluku Bodoa.

Sebelumnya Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto telah mendesain skema pendistribusian air bersih dengan sejumlah pimpinan OPD untuk mengantisipasi kekurangan air bersih akibat ancaman kekeringan.

Proses distribusi air bersih dengan armada 1 truk berisi 2 tandon berlangsung aman dan lancar.

Pembagian air bersih yang dilakukan di beberapa kelurahan sesuai permintaan para Lurah dan sesuai jadwal akan dilakukan secara bergilir.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak kemarau panjang, sehingga pendistribusian air bersih secara intensif akan terus dilakukan ke sejumlah titik yang kekurangan air bersih.

Pembagian air bersih itu mendapatkan sambutan antusias oleh masyarakat sekitar, mengingat dampak kemarau yang mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari.

Warga setempat mengaku senang dengan penyaluran air bersih yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar melalui Camat dan Lurah.

“Terima kasih Pak Walikota, terima kasih pak Camat yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada warga yang kekurangan air bersih akibat dampak kemarau panjang,” ujar salah satu warga.