RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Nielma Palamba mengungkapkan bahwa yang menarik dari tahun 2024 ini adalah membangun unit layanan disabilitas dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada para pekerja rentan.

Nielma mengatakan, unit layanan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk mendapatkan hak dalam dunia kerja sesuai dengan visi Walikota Makassar dalam membangun kota inklusif.

Sasaran Jamsostek adalah kepada seluruh masyarakat kategori miskin ekstrim dan pekerja rentan agar mereka bisa bekerja dengan tenang.

Salah satu yang menjadi misi Disnaker Kota Makassar adalah program 10.000 skill training gratis, juga menyediakan kemudahan akses 100.000 peluang kerja serta peluang bisnis baru.

“Implementasi dari program prioritas adalah melaksanakan pelatihan berbasis kopetensi serta memperkuat pemagangan dan sertifikasi,” ungkapnya saat ditemui Rakyat News, Rabu (24/1/2024).

“Disnaker digerakan untuk memetakkan potensi, jenis usaha, fasilitasi izin usaha, dan mengembangkan ekonomi kreatif,” lanjutnya.

Hal ini, kata dia, dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam megakses pekerjaan dan meningkatkan skillnya.