Pembelajaran kegagalannya, bangunan rekayasa mengalami kerusakan terkena gelombang besar pada periode Desember hingga Januari. Bibit yang ditanam di luar APO hilang disapu ombak.

“Tidak disarankan untuk melakukan penanaman pada bulan September – Januari di wilayah pesisir utara Kota Makassar dan sekitarnya. Penanaman di daerah berlumpur yang dulunya bukan area wilayah mangrove dan ketinggian substratnya sangat rendah tidak direkomendasikan untuk ditanami,” ujar Subhan.

Sementara Nirwan Dessibali, Direktur Eksekutif YKL Indonesia menyampaikan pihaknya sangat terbuka untuk berbagai pembelajaran rehabilitasi mangrove di Lantebung khususnya kepada berbagai pihak yang berencana melakukan rehabilitasi di daerah berlumpur.

“Ini adalah situ belajar yang kami kembangkan bersama dengan masyarakat, berharap ini bisa menjadi referensi bagi berbagai pihak yang berencana melakukan rehabilitasi mangrove khususnya di Lantebung maupun di daerah sekitarnya serta di wilayah yang karakteristiknya sama,” jelas Nirwan.