RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Dr Alamsyah Sahabuddin, S. Stp.,MSi, bersama Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kota Makassar Ismawaty Nur, memantau kesiapan Lorong Wisata Zurich yang terletak di Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Sabtu (02/03/2024).

Pemantauan tersebut untuk mengetahui secara langsung apa saja yang menjadi kebutuhan lorong dalam mewujudkan Lorong wisata yang tangguh terhadap bencana. Lorong Wisata Zurich salah satu lorong di Kecamatan Tamalanrea yang akan dijadikan sebagai Lorong Wisata tangguh bencana.

Pembentukan Lorong Wisata tangguh bencana, Pemerintah kota Makassar melibatkan Organisasi Perangkat Daerah OPD untuk memfasilitasi kebutuhan lorong, seperti pengadaan CCTV disiapkan Dinas Kominfo, Motor Pemadam Kebakaran (Damtor) Dinas Damkar dan untuk pangan ditangani oleh Dinas DKP kota Makassar.

“Hari ini kami bersama Dinas Kominfo melakukan pemantauan di Lorong Wisata Zurich, lorong ini akan dipersiapkan sebagai lorong wisata tangguh bencana,” tuturnya.

Pembentukan Lorong Wisata tangguh bencana untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana terutama di lorong yang sempit dan padat penduduk sangat rentan terhadap bencana kebakaran.

Pemerintah kota Makassar terus melakukan antisipasi atau meminimalisir bencana di dalam lorong dengan melibatkan OPD terkait dan melakukan kurasi lorong untuk dijadikan lorong yang tangguh terhadap bencana.

“Bapak Wali berkeinginan bagaimana masyarakatnya mendapatkan rasa nyaman dan aman, sehingga beliau terus melakukan inovasi-inovasi untuk menjaga masyarakat, seperti menghadirkan Lorong tangguh bencana, semua ini untuk masyarakat Kota Makassar”, lanjutnya.

“Pemerintah kota Makassar sudah membuat Lorong Wisata yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di lorong, kini pak wali membentuk lagi lorong tangguh bencana untuk menjaga warga dari bencana,” tutupnya.