RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Senyum dari para peserta upacara di SMA Islam Athirah 1 Makassar, mewarnai peringatan Hari Kartini pada Senin (22/4/2024). Mereka mengenakan seragam batik asli Indonesia, yang menambah rasa kagum dan kecintaan terhadap peringatan Hari Kartini. Antusiasme peserta sangat terlihat.

Momen unik turut memperkaya jalannya upacara tersebut. Seperti pembina upacara kali ini adalah Risny Ramadhani, seorang siswi yang juga menjabat sebagai wakil ketua OSIS. Dengan ini, sekolah telah menunjukkan komitmennya terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Gender adalah tentang kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan, dimana apa yang bisa dilakukan oleh laki-laki, juga bisa dilakukan oleh perempuan. Sedangkan kodrat adalah sesuatu yang telah ditetapkan oleh Tuhan dan tidak dapat diubah,” ucap Risny, dalam sambutannya.

Sebagai warga Indonesia, perlu adanya dukungan terhadap emansipasi wanita. Hak-hak kaum wanita sama-sama dijunjung tinggi keberadaanya. Dengan penempatan-penempatan yang bijaksana, mampu mewujudkan kesetaraan tersebut.

“Saya berharap, para wanita-wanita di seluruh Indonesia mampu mengembangkan segala kemampuan diri secara bebas tanpa adanya tekanan, karena saya yakin bahwa wanita Indonesia adalah wanita yang memiliki potensi yang luar biasa,” ucap Alfia R, salah satu peserta upacara.

Komitmen terhadap emansipasi wanita sangat diperlukan sebagai masyarakat Indonesia. Dengan mendukung kesetaraan hak-hak perempuan, dapat mewujudkan penempatan yang bijaksana dan adil.