RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin alias Appi menyoroti predikat Makassar sebagai kota dunia yang tidak sesuai dengan keadannya. Menurutnya, masih banyak masalah mendasar yang sampai saat ini belum mendapatkan solusi.

“Di balik gegap-gempita berbagai even internasional di Makassar selama ini, terdapat masalah mendasar yang tak kunjung ada solusinya, seperti pengelolaan sampah, ketersediaan air bersih, kemacetan, masalah parkir dan sebagainya,” ujarnya saat silaturahmi dengan organisasi Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulawesi Selatan di Hotel Arya Duta, Jalan Somba Opu, Makassar, Rabu (17/7/2024) malam.

“Buat apa itu even-even internasional atau predikat sebagai kota dunia kalau warganya masih tetap miskin dan menderita,” lanjutnya.

Persoalan itu menjadi alasan Appi untuk kembali berkontestasi di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2024. “Harus ada solusi konkrit untuk masalah-masalah tersebut, dan saya siap mewujudkan itu jika nanti terpilih,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Appi paparkan konsep yang telah dipersiapkannya untuk menuntaskan masalah itu. Ia juga melihat ada potensi Makassar sebagai kota persinggahan.

“Tantangannya bagaimana menjadikan orang-orang yang singgah itu bisa berlama-lama di kota ini, agar bisa belanja lebih banyak di sini, membeli barang atau jasa yang ada,” jelasnya.

“Pada intinya kita ingin meng-upgrade Kota Makassar. Tentu tetap ada hal-hal baik dari pemerintahan sebelumnya. Tetapi secara prinsip, masalah-masalah mendasar yang ada, harus diselesaikan segera karena itu adalah hak warga,” tutupnya.