RAKYAT.NEWS, MAKASSAR — Kehadiran Dongeng Keliling atau Dongkel di perayaan F8 Makassar 2024, memberi warna baru dengan menghadirkan pendongeng lokal yang membawakan cerita berjudul La Coki.

Dongeng La Coki merupakan salah satu cerita rakyat dalam kitab Sureq La Galigo yang berkisah tentang Meong Palo Karellae. Dongeng ini menjadi salah satu rujukan pedoman hidup karena banyaknya nilai yang tersirat dalam alurnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Pattiware, menegaskan bahwa Dongkel ini menjadi salah satu program yang terus didorong untuk menghadirkan hiburan kepada pengunjung F8, termasuk anak-anak SD yang hadir.

“Tema kita kali ini tentang edukasi. Jadi pendongeng ini memang kita imbau untuk membawakan dongeng yang memilki banyak edukasi untuk anak-anak SD,” ujarnya, Kamis (25/7/2024).

“Kita berpartisipasi di F8 untuk memberikan hiburan kepada anak-anak di Kota Makassar. Sekaligus memperkenalkan kisah-kisah inspiratif secara agar bisa dicontoh,” imbuhnya.

Dongkel akan hadir sepanjang perhelatan F8. “Jadi tiap hari beda-beda anak SD yang datang sebagai perwakilan sekolahnya. Mereka nonton langsung ini pendongeng. Dan dongeng yang kita sajikan juga berbeda judulnya tiap hari,” tuturnya.

Kegiatan Pertunjukan dongkel ini dinilai sangat diminati oleh pengunjung anak-anak terlihat dari Keceriaan dan sorak bergembira ketika mendengar Dongeng.

Tidak hanya dongeng. Pada panggung fiction writters ini, ditampilkan pula drama teater sebagai penutup kegiatan Dongkel.