RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemerintah Kota Makassar mendapat penghargaan kategori Pariwisata dan Pelestarian Budaya dalam ajang Apresiasi Tokoh Indonesia 2024 oleh Tempo Media.

Apresiasi tersebut diserahkan oleh Direktur PT Tempo Inti Media Harian, Meiky Sofyansyah kepada Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto saat acara, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam.

Danny mengungkapkan rasa saya syukur karena Pemerintah Kota Makassar kembali memperoleh apresiasi ini dimana mana salah satu faktornya ialah penyelanggaraan Festival F8 Makassar.

Festival internasional yang menggabungkan beragam potensi seni dan budaya dalam satu rangkaian festival, yakni food, fashion, fusion music, film, fine art, fiction writers, folks, flora dan fauna di Kota Makassar.

Event akbar ini menjadi wadah bagi para pelaku seni juga ajang kolaborasi seniman, pelaku budaya dan masyarakat umum. Selain kegiatan seni, F8 juga menyuguhkan beragam kuliner sehingga pasar kreatif menjadi daya tarik pengunjung.

“Setelah bertahun-tahun penyelenggaraan, F8 berhasil memegang peran rebranding kota ini. Dari kota demonstrasi menjadi kota Gw Tepian Air dan Kota Makan Enak,” ucap Danny.

Dampak positif lainnya dari F8 adalah berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM di Makassar. Juga turut serta masuk masuk dalam daftar TOP 10 Karisma Even Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata.

Terpisah, Juru Bicara Danny-Azhar, Asri Tadda mengatakan, penghargaan bergengsi yang diraih oleh Wali Kota Makassar ini menjadi bukti prestasi yang tak dapat dinafikkan.

“Pak Danny telah buktikan bahwa ia punya concern yang jelas untuk memajukan daerah melalui pariwisata dan pelestarian budaya lokal yang berskala global. Lewat F8 budaya Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja lebih terekspose ke dunia luar,” kata Asri di Makassar, Rabu (11/9/2024).