RAKYAT.NEWS, MAKASSARKALLA Group dan Pemerintah Kota Makassar telah menandatangani nota kesepahaman terkait penataan dan revitalisasi Taman Hasanuddin.

Penandatanganan dilakukan oleh Zumadi S Anwar dari KALLA dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Jalan Amirullah, Senin (23/9/2024).

Danny Pomanto, mengungkapkan bahwa pihaknya megapresiasi bentuk kerja sama tersebut.

“Sejak lama sudah mesti berjalan dan saya memohon maaf kepada KALLA karena prosesnya berjalan lambat karena ada beberapa mekanisme yang mesti dilewati terlebih dahulu. Namun saya bersyukur dan berterima kasih kepada KALLA atas tanggung jawab sosialnya,” kata Danny Pomanto.

“Insyaa allah secara dunia tentunya memiliki kontribusi terhadap kemaslahatan bagi banyak orang dan secara akhirat menjadi amal jariyah, sehingga saya percaya dan berharap perusahaan-perusahaan lain dapat mengikuti jejak KALLA”, tambahnya.

Zumadi S Anwar menyatakan rasa syukurnya atas penandatanganan MoU revitalisasi Taman Hasanuddin.

“Kami bersyukur kepada Pemerintah Kota Makassar yang telah berkolaborasi dengan kami. Awalnya, kontribusi ini sebagai CSR, namun kami menyadari bahwa keberlanjutan menjadi kunci bagi lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, kami berupaya menjalankan program berkelanjutan bersama Pemerintah Kota Makassar,” ujarnya.

Sebagai bagian dari program CSR dan komitmen KALLA untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, revitalisasi Taman Hasanuddin tidak hanya sekadar mempercantik kota. Program ini juga merupakan upaya dalam melestarikan warisan budaya dan lingkungan serta menciptakan ruang terbuka yang inklusif bagi masyarakat Makassar.

Dalam proses revitalisasi Taman Hasanuddin Kota Makassar, KALLA mengedepankan tiga konsep desain utama yaitu Ecological Identity, Inclusivity, dan Durability. Konsep tersebut bertujuan untuk mempertahankan keberagaman ekologis kota Makassar dengan menggunakan tumbuhan lokal endemik untuk memperkuat identitas taman.

Selain itu, taman juga dirancang agar dapat dinikmati oleh semua kalangan dan dilengkapi dengan fasilitas yang dapat bertahan lama untuk memberikan manfaat jangka panjang sesuai standar yang benar.

“Kami sangat berharap revitalisasi ini bukan sekadar pembangunan fisik, tapi juga mendorong pemerintah untuk melanjutkan komitmen dalam perawatan dan pemeliharaan taman. Kami telah merencanakan pemeliharaan selama dua tahun ke depan pasca revitalisasi, namun ke depannya tentu kami memerlukan dukungan penuh dari pemerintah kota untuk memastikan taman ini dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang. Langkah ini menjadi salah satu upaya KALLA untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan kota akan ruang terbuka hijau, sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Makassar”, ungkap Zumadi.

KALLA berkomitmen untuk terus menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan demi membangun masa depan Indonesia yang lebih baik dan memberi dampak positif bagi masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai KALLA, masyarakat dapat mengikuti akun Instagram @kallagroup dan @lifeatkalla. Selain itu, informasi juga dapat diakses melalui website kalla.co.id atau kontak Kalla Care di nomor 0811 4414 030 dan 0411 300 0103.