RAKYAT.NEWS, BALI – Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, meraih juara 1 tingkat nasional Lomba Desa/Kelurahan terpadu tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kelurahan Manggala juga meraih juara 1 dalam tingkat regional III yang mencakup wilayah Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dalam acara Temu Karya dan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa, Denpasar, Bali, pada Selasa, (8/10/2024).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Makassar, Ketua TP PKK, PJ Sekda Makassar, dan jajaran OPD Pemkot Makassar atas dedikasi dan bantuan yang diberikan sehingga Kelurahan Manggala bisa meraih hasil yang luar biasa ini,” kata Lurah Manggala, Arwinah Aminuddin.

Arwinah berharap, prestasi ini bisa menjadi semangat warga Kelurahan Manggala untuk mempertahankan yang telah dibangun.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, mengapresiasi capaian tersebut.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang mulai dari pembinaan, verifikasi, hingga pemaparan, Kelurahan Manggala berhasil membawa pulang juara 1,” ucapnya.

Firman juga mengatakan kemenangan ini adalah hasil kerja keras semua pihak, terutama OPD Pemkot Makassar yang telah berkolaborasi dalam membina Kelurahan Manggala.

“Ini adalah kolaborasi luar biasa pemkot dan antusiasme warga Manggala yang menunjukkan bahwa kerja keras memainkan peran besar dalam keberhasilan ini,” tambahnya.

Selain itu, Firman sebut prestasi ini merupakan bukti kemajuan Pemkot Makassar dalam ajang Lomba Kelurahan, diketahui tahun-tahun sebelumnya Kota Makassar hanya mendapatkan juara tingkat provinsi.

“Di tahun 2023 Kelurahan Maccini Sombala mewakili Kota Makassar dan berhasil meraih juara 2 nasional dalam lomba kelurahan. Ini menunjukkan adanya perkembangan signifikan dalam pembinaan kelurahan. Semoga penghargaan ini dapat dipertahankan,” imbuhnya.