MAKASSAR – Umat Hindu Kota Makassar menggelar Dharma Santi di Hotel Harper Perintis Makassar, Sabtu (23/04) yang merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944/2022, diselenggarakan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Makassar berkolaborasi dengan berbagai lembaga Hindu yang ada di Kota Makassar.

Baca juga : Askar Al Makassari Soft Launching Aplikasi Masjidpreneur untuk Ummat

Ketua Panitia Perayaan Nyepi Dan Dharma Santi Tahun Saka 1944/2022, Putu Wiratnaya mengatakan, Dharma Santi ini merupakan rangkaian puncak perayaan Nyepi.

Setelah sebelumnya dilaksanakan berbagai kegiatan baik upacara keagamaan maupun kegiatan sosial seperti penanaman bibit bakau di Pantai Untia, donor darah dan vaksin booster di Pura Giri Natha Makassar, serta penyerahan rsi yadnya kepada para rohaniawan dan beberapa kegiatan lain.

Sementara itu, Ketua PHDI Kota Makassar, Dewa Nyoman Mahendra Jaya mengatakan, Dharma Santi ini merupakan ajang silaturahmi. Bukan hanya melibatkan umat Hindu, namun diundang juga dari berbagai lintas agama, pemerintah, dan departemen agama.

“Dharma Santi ini dapat dijadikan momen untuk menjalin sinergi dalam memperkokoh kebersamaan, persatuan, dan kerukunan umat beragama, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan,” ujar Dewa Mahendra.

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto saat menghadiri acara Dharma Santi  mengatakan Pemerintah Kota Makassar memiliki satu program yaitu perkuatan keimanan umat beragama melalui pembinaan-pembinaan, dan Umat Hindu salah satunya yang berkotribusi besar dalam program tersebut.

“Pemerintah Kota Makassar selalu mensuport kegiatan-kegiatan keumatan, kedepannya pemerintah juga akan berencana membangun religius park, kami sudah sepakat dengan salah satu developper semoga ini bisa cepat terealisasi,” tandasnya. **