MAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNHAS menggelar Studi Banding ke UPT Pengelolaan Air Limbah ( PAL) Dinas PU Kota Makassar, Minggu (29/5/2022).

Baca juga: Tim Ahli Walkot Gelar Monev di Dinas PU Makassar, Berikut Arahannya

Dalam rangka melakukan perbandingan antara teori terkait mata kuliah limbah cair dan domestik yang selama ini mereka pelajari di ruang kelas dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.

Dipimpin Oleh Dosen pembimbing yaitu, Ruslan, SKM, MPH dan Muh Fajaruddin Natsir SKM, M. Kes, Sembilan Mahasiswa FKM UNHAS tersebut melakukan pengamatan langsung terhadap pengelolaan Air Limbah dengan didampingi oleh Kepala UPT Pengelolaan Air Limbah Dinas PU Kota Makassar, Kerlinus Bumbungan ST.

Studi Banding tersebut berjalan dengan lancar, dimana Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar memberikan penjelasan terkait Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Air Limbah di Kota Makassar dan pelayanan penyedotan Tinja warga Kota Makassar.

Dosen Pembimbing, Ruslan, SKM, MPH, Mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada pihak UPT PAL atas penjelasan yang sangat efektif berkaitan dengan proses pengelolaan limbah cair dan domestik yang ada di kota Makassar.

Lanjutnya, Ia mengucapkan terimakasih kepada kepala dinas PU dan jajarannya karena telah menerima mahasiswanya untuk melakukan pengamatan langsung terhadap proses pengelolaan limbah cair dan domestik.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada kepala UPT PAL dan jajarannya dalam hal pelayanannya memberikan penjelasan yang sangat efektif terkait bagaimana proses pengelolaan limbah cair dan domestik yang ada di Makassar, dan kami mengucapkan terima kasih pula kepada Kepala Dinas PU Kota Makassar yang telah bersedia menerima kunjungan studi kami yang sangat penting bagi mahasiswa kami dalam melakukan perbandingan antara teori dan praktek di lapangan,” ujarnya.