Keypoints terkait Langkah Strategis Pencapaian IKPA Optimal antara lain: Satker agar memperbaiki perencanaan dan eksekusi kegiatan secara relevan, terjadwal, dan proporsional (tidak menumpuk pencairan anggaran pada akhir tahun). Mereviu rencana kegiatan secara periodik dan prognosis penyerapan anggaran (minimal sekali di akhir triwulan), serta menyusun rencana penarikan dana masing-masing jenis belanja. Mengajukan revisi Hal III DIPA sebelum batas akhir cut off RPD triwulanan dalam rangka penilaian IKPA.

Pengajuan revisi Hal III DIPA diselaraskan dengan kebutuhan revisi lainnya. Meminimalisir revisi pergeseran antarjenis belanja di akhir triwulan yang dapat menyebabkan trajectory penyerapan anggaran berubah. Mempercepat berbagai aktivitas yang relevan dengan pencapaian output melalui koordinasi dan komunikasi yang intensif antar pihak terkait, serta menyiapkan mekanisme pembayaran yang tepat untuk setiap aktivitas/kegiatan.

Sementara sejumlah hal yang disampaikan oleh peserta FGD antara lain terkait automatic adjustment yang datangnya tiba-tiba sehingga mengganggu perencanaan yang sudah disusun sebelumnya oleh satker dan agar menu Rincian Kertas Kerja Satker di MON SAKTI agar dapat dimuncukan kembali seperti aplikasi Sakti yang di tahun 2021 karena sangat membantu satker prov dalam memantau satker kab/kota.

Baca Juga : Amanah RCE, Kanwil DJPb Sulsel Sinergi Siapkan Pertanggungjawaban APBN 2021

Nonton Juga